Tips agar Anak-Anak Suka Makan Sayur dan Buah - Simply Nurmasari

Tips agar Anak-Anak Suka Makan Sayur dan Buah

BAGIKAN:

Share on whatsapp
Share on twitter
Share on facebook
Share on telegram

Sejak memiliki anak pertama, aku hampir tidak mempunyai masalah menghadapi anak sulit makan. Aku selalu bersyukur diberi kemudahan dalam hal ini. Si Sulung kini 8 tahun dan bungsu 2 tahun yang baru saja berhenti ASI selalu makan sayur dan buah hampir setiap hari dan tentu saja dibarengi asupan nutrisi lainnya seperti karbohidrat, protein, dan lainnya. Satu-satunya masa sulit makan adalah ketika si kakak MPASI tanpa gula garam sama sekali, tapi setelah usia satu tahun baru dia menjadi anak yang semangat makan masakan rumah karena mulai merasakan gula garam sebagai tambahan bumbunya. Oleh karena itu, anak bungsuku sudah makan makanan keluarga cuma dalam versi halus dan tidak pedas sejak MPASI. Buatku sangat melegakan ketika mereka bisa merasakan lapar dan kemudian mereka bilang ‘ibu mau makan’.

Jadi apa saja yang dilakukan untuk membuat anak-anak suka makan sayur dan buah sejak dini? Berikut tips-tipsnya:

  1. Selalu masak dirumah dengan menyediakan sayur, protein dan karbohidrat. Jadi dalam hal ini sebisa mungkin menghindari makanan beli diluar sangat penting karena anak-anak terbiasa makan makanan rumah.
  2. Selalu menyediakan buah sebagai cemilan dirumah. Cemilan manis seperti coklat, susu kotak, wafer, biscuit dibeli kalo mereka minta saja bukan disediakan seperti buah-buahan.
  3. Tertib dengan waktu makan utama dan cemilan. Jadi biasanya selain waktu makan aku tidak menawarkan mereka makan, kecuali makan buah.
  4. Berikan kesempatan jika mereka ingin segera makan sendiri, karena dengan begitu mereka akan lebih peka kapan merasakan lapar dan kapan harus berhenti makan.
  5. Role model juga sangat penting, karena anak-anak memperhatikan dan meniru apa yang orang tuanya lakukan. Oleh karena itu, sebisa mungkin apa yang kami makan di rumah adalah makanan baik dan bergizi serta sehat seperti sayuran, buah-buahan dan yang mengandung karbohidrat dan protein.

Demikian sedikit tips yang semoga bisa bermanfaat untuk teman-teman semua. Sila hubungi via DM jika ada hal yang mau didiskusikan. Terima kasih..

Instagram: @slimplynurmasari