Tutorial Body Part Game: Belajar kosa kata bahasa inggris yang menyenangkan - Simply Nurmasari

Tutorial Body Part Game: Belajar kosa kata bahasa inggris yang menyenangkan

BAGIKAN:

Share on whatsapp
Share on twitter
Share on facebook
Share on telegram

Tema: English Vocabulary

Hai ibu-ibu, sangat penting mengenalkan bahasa inggris sejak dini. Salah satu cara adalah memberikan kosa kata sebanyak-banyaknya sehingga anak-anak memiliki perbendaharaan kata yang luas ketika mereka mulai belajar berkomunikasi dalam bahasa inggris. Anak-anak suka sekali belajar sambil bermain. Oleh sebab itu, mari ibu-ibu mulai kenalkan kosa kata bahasa inggris dengan cara yang asik dan menyenangkan melalui permainan, seperti Body Part Game berikut ini.

Jenis aktivitas: listening
Keterampilan: listening & reading
Kosa kata: head, knee, toes, arm, hand, fingers, foot, hair, eye, ear, mouth, shoulder, shoulders, leg, nose.
Usia : 6-8 tahun

Cara permainan:

  1. Silakan mengunduh bahan kosa kata bagian tubuh DISINI, lalu print dan gunting sesuai instruksi.
  2. Sebelum permainan bisa dimulai dengan kegiatan mengenalkan bagian tubuh dengan lagu ‘Head Shouder and Toes’.
  3. Kemudian gunakan kartu-kartu yang sudah digunting untuk ditunjukan satu persatu sebagai perkenalan gambar dan penyebutan kosa katanya. (silakan gunakan kamus bahasa inggris atau kamus online untuk mencari tahu bagaimana pengucapan katanya yang benar).
  4. Lalu mulai dengan menata semua gambar secara acak (jika kartu terlalu banyak bisa dimulai dengan enam jenis kosa kata terlebih dahulu). Jadi akan ada 12 kartu yang ditata dengan masing-masing bagian tubuh terdapat dua kartu, misalnya ada dua karta dari kata “head” dan gambarnya.
  5. Ibu-ibu bisa memulai dengan menyampaikan cara permainannya yaitu: tunjuk dua gambar yang ibu sebutkan lalu katakan bingo ketika dapat menemukan dua gambar.
  6. Tutup dua kartu yang telah berhasil ditemukan tadi.
  7. Lakukan lagi setelah semua kosa kata berhasil ditemukan lalu tambahkan sedikit demi sedikit kosa kata hingga semua kartu bisa digunakan agar permainan bisa lebih menantang bagi anak.

 

Variasi Kegiatan

Variasi kegiatannya adalah dengan memasangkan kartu-kartu di atas antara kartu dengan gambar dan tulisan tersambung dengan kartu yang tulisan dan gambar terpisah. Selain dapat membantu anak untuk menghafal kosa kata, memasangkan gambar dan tulisannya dapat melatih konsentrasi. Kegiatan ini dapat dilakukan setiap selesai permainan dan dapat dilakukan kapan saja secara mandiri oleh anak-anak.

Nantikan permainan kosa kata bahasa inggris bagian berikutnya ya. Untuk video permainannya bisa ditonton di instagram @simplynurmasari  

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Jika kesulitan mengunduh materi, silakan DM Instagram saya.

 

Nurmasari, 17 Mei 2021